Efek Dunning Kruger dan Teknologi Informasi

Keberadaan internet, biaya koneksi dan penetrasi perangkat mobile yang makin terjangkau (terutama Android) telah membuat kita semakin mudah dan cepat menemukan informasi. Tak hanya dari situs-situs berita, kita juga bisa mendapatkan informasi yang di-share di media sosial. Selain informasi, internet juga dapat membuat kita mendapatkan kualitas layanan yang lebih baik dan lebih cepat. Sayangnya, kecepatan menemukan informasi dan melakukan sesuatu ini dapat menjadi candu dan memiliki efek samping, salah satunya adalah tuntutan akan hasil yang instan (sering disebut dengan instant gratification).

Suka tidak suka, paradigma instan makin menyusup dalam kehidupan kita, salah satunya dalam penilaian kita terhadap kompetensi / keahlian diri kita sendiri. Lebih lanjut, hal tersebut menimbulkan ilusi terhadap superioritas. Misalnya, baru baca beberapa artikel sudah merasa jadi orang sholeh. Baru ikut beberapa seminar bisnis, tiba-tiba merasa siap jadi pengusaha dan berkoar-koar bahwa jadi karyawan itu tidak mulia. Nonton acara diskusi politik, tiba-tiba merasa jadi pakar politik.

road-to-success

Ditambah mentalitas intimidatif, judgementĀ plus hobi mem-bully, ilusi superioritas membuat media sosial (atau di era pra-medsos dulu berupa mailing list) menjadi makin “berisik”. Kalau orang lain tidak sepaham / sepemikiran, maka dianggap pasti salah, karena kita merasa “paling” (paling benar, paling tahu, paling pintar). Kalau kehabisan argumen, kita tiarap dulu. Buka Google, cari informasi, kalau hasil googling ternyata kurang mendukung argumen kita, cari terus sampai halaman kesekian, yang penting mendukung argumen kita hehe šŸ™‚

Namun, fenomena mengganggu dan menyebalkan di atas ternyata lumrah jika dilihat dari sudut pandang psikologi, ilusi superioritas ini disebut dengan efek Dunning-Kruger. Efek Dunning-Kruger adalah bias kognitif yang terjadi pada orang yang tidak kompeten plus memiliki pengetahuan dangkal pada tugas/area tertentu, dimana mereka cenderung menakar kemampuan diri di atas kenyataan yang ada dan menganggap mereka jauh lebih kompeten dibandingkan orang lain sertaĀ mengabaikan ketidaktahuan mereka sendiri.

dunning-kruger-chart

Penelitian David Dunning dan Justin Kruger (keduanya dari Cornell University) diinspirasi oleh perampok bank bernama McArthur Wheeler yang sangat over-confidence. Wheeler menggunakan sari lemon pada wajahnya sebelum merampok dua bank di Pittsburgh pada tahun 1995. Wheeler sangat percaya bahwa sari lemon merupakan invisible ink yang dapatĀ membuat wajahnya tidak terekam kamera keamanan. Malam harinya pada hari yang sama, Wheeler ditangkap dan ketika diperiksa oleh polisi, reaksi Wheeler adalah terkejut dan masih tidak percaya bahwa rencana briliannya bisa gagal.

Menurut Dunning, bias kognitif tersebut terjadi karena :

“If you’re incompetent, you canā€™t know youā€™re incompetent. The skills you need to produce a right answer are exactly the skills you need to recognize what a right answer is.”

Para pemuda yang masih sangat bersemangat relatif lebih rentan mengalami efek Dunning-Kruger. Sewaktu kuliah, mata kuliah pemrograman di Informatika ITB tidak menekankan pada penguasaan bahasa pemrograman, namun lebih kepada pemahaman algoritma, bukan kepada tools. Beberapa kawan yang pernah ngoprek bahasa pemrograman dari SMP/SMA ada yang merasa tidak nyaman, karena hal yang pernah dipelajari sebelumnya dibabat habis, mereka harus legowo danĀ learn to unlearnĀ secara bersamaan dengan proses learning yang baru. Uniknya di akhir semester, nilai mata kuliah beberapa kawan yang tidak pernah belajar pemrograman (bahkan ada yang baru belajar menghidupkan komputer ketika kuliah) ternyata bisa lebih tinggiĀ ketimbang yang sebelumnya pernah memprogram.

Bagi beberapa kawan, perkuliahan juga terkesan membosankan dan ketinggalan dibanding kawan-kawan dari kampus lain. Kawan di kampus lain sudah membuat program GUI, HTML hingga mengakses SQL, sementara kami masih console/text based, sorting dan struktur data. Namun beberapa tahun kemudian ketika kami melakukan rekrutmen programmer, ternyata terbukti pengajaran dasar yang benar akan menghasilkan programmer dengan kemampuan problem solving yang lebih terstruktur.

Selepas kuliah, di awal pendirian perusahaan, kami sempat meragukan beberapa saran dari mentor. Saran-saran tersebut bagi kami terasa sangat pragmatis, tidak keren dan tidak kekinian (pada waktu itu), apalagi jika dibandingkan dengan perusahaan baru lainnya (jaman itu belum booming istilah startup / perusahaan rintisan). Jujur, sempat muncul arogansi bahwa kami merasa lebih tahu mengenai jaman dan masa depan šŸ˜› . Beruntung, kami menuruti saran mentor tersebut. Dua – tiga tahun kemudian barulah terlihat ternyata saran yang disampaikan benar adanya.

Perlu kita pahami bahwa semua bias kognitif adalah natural dan manusiawi. Oleh karena itu, efek Dunning-Kruger bisa dialami pada berbagai lapisan usia maupun jenis profesi. Faktor kultur organisasi / industri juga bisa memiliki pengaruh. Fenomena argumentasi tanpa tanggung jawab atau debat kusirĀ akan relatif lebih sedikit kita temui di bidang kedokteran dan militer jika dibandingkan dengan bidang lain sepertiĀ Teknologi Informasi.

Terkait dengan efek Dunning-Kruger di bidang Teknologi Informasi, berikut ini beberapa contoh yang pernah kami temukan :

  • klien yang memiliki kompetensi ilmu hukum bisa merasa jauh lebih kompeten dalam membuat software ketimbang konsultan IT yang mereka hire sendiri dan menganggap konsultan IT mereka tidak melakukan apa-apa (Anda bisa mengganti ilmu hukum dengan bidang-bidang lainnya, tidak ada maksud merendahkan ilmu hukum)
  • paraĀ script kiddiesĀ yang baru belajarĀ hacking lebih banyak berkoar-koar ketimbang hacker profesional
  • programmer software bisa merasa lebih jago mengenai HRD daripada praktisi HRD yang minta dibuatkan software-nya
  • klien merasa lebih jagoĀ dan update tentang web design ketimbang web designer
    classics :Ā http://theoatmeal.com/comics/design_hell
  • non-programming programmer yang beberapa kali kami temukan dalam tes rekrutmen Akhdani. Yang kami amati, beberapa individu yang merasa sudah menjadi programmer berpengalaman tersebut tidak memahami konsep fungsi/prosedur, kondisional dan variabel dengan baik. Jadi mereka lebih banyak menggunakan copy-paste + trial error ketimbang analisis masalah dan memahami kode
  • hasil ngobrol dengan beberapa kawan, laju kenaikan expected salary programmer pemula semakin tinggi, di atas inflasi dan tidak sebanding dengan hukum permintaan-penawaran / kelangkaan. Kehadiran Google dan Stackoverflow sepertinya membuat banyak orang merasa lebih kompeten šŸ˜‰

Beruntung kami tidak terlalu lama terjebak efek Dunning-Kruger di awal-awal perusahaan. Adalah wajar dan manusiawi jika kita mengalami efek Dunning-Kruger, yang lebih penting adalah bagaimana meminimalisir dampak negatifnya, misalnya :

  • Menerapkan prinsip adab sebelum ilmu
    Prinsip klasik yang sering diajarkan di pesantren ini bisa membuat kita berpikir dan lebih hati-hati dalam bersikap, berpendapat dan mengambil tindakan. Efek Dunning-Kruger cenderung akan berakibat negatif apabila dikonkritkan dalam bentuk tindakan spontan dan minim pikir, seperti kasus perampokan bank oleh McWheeler dan kebisingan perdebatan di media sosial
  • Terus belajar dan berusaha menambah pemahaman
    Sebagaimana bisa kita lihat pada grafik di atas, makin bertambahnya pemahaman akan menurunkan level kepercayaan diri karena kita merasa ternyata banyak yang belum kita ketahui, dan fase awal ini akan memicu pembelajaran yang lebih dalam hingga pada titik tertentu kepercayaan diri kita berbalik naik kembali.

Sejalan dan koheren dengan kutipan yang dipopulerkan Steve Jobs

“stay hungry, stay foolish”

Seorang ulama Islam, Imam Al-Ghazali pernah menyampaikan ada 4 jenis manusia, yaitu :

  1. Seseorang yang tahu (berilmu), dan dia tahu kalau dirinya tahu
  2. Seseorang yang tahu (berilmu), tapi dia tidak tahu kalau dirinya tahu
  3. Seseorang yang tidak tahu (tidak atau belum berilmu), tapi dia tahu alias sadar diri kalau dia tidak tahu
  4. Seseorang yang tidak tahu (tidak berilmu), dan dia tidak tahu kalau dirinya tidak tahu

Di era overload informasi seperti sekarang, sangat mungkin jika kita mengalami promosi-degradasi posisi antara nomor 1 hingga 4. Yang penting adalah cepat menyadari apabila kita sedang berada pada posisi nomor 4.

Disclaimer : penulis bukan praktisi psikologi dan tidak pernah masuk pesantren, oleh karena itu sangat mungkin ada efek Dunning-Kruger dalam tulisan ini sendiri, harap dimaklumi, cheers šŸ˜‰

Bacaan lainnyaĀ :
https://en.wikipedia.org/wiki/Dunningā€“Kruger_effect
https://en.wikipedia.org/wiki/Invisible_ink
http://arstechnica.com/science/2012/05/revisiting-why-incompetents-think-theyre-awesome/

The burglar with the lemon juice disguise


https://blog.codinghorror.com/the-nonprogramming-programmer/