PHP Framework Symfony

Hallo kreatif reader, aku mau sedikit sharing nih dari artikel yang udah aku baca..

Apa itu Web Framework?
Web framework atau yang biasa dikenal dengan web application framework merupakan sebuah software yang menyediakan struktur dan alat untuk membangun dan mengembangkan aplikasi web, web service, dan web dinamis.
Salah satu contoh web framework adalah Symfony (PHP).

logoLalu, apa sih Framework Symfony?
Symfony dibangun pada tahun 2005 sesuai dengan standar PSR yang direkomendasikan oleh standar PHP. Symfony adalah framework lengkap yang dirancang untuk mengoptimalkan kode PHP dalam pengembangan aplikasi Web berdasarkan pola Model View Controller (MVC).

Adapun beberapa fitur pada framework symfony:
1. Struktur MVC (Model-View-Controller)
Symfony mengikuti pola desain arsitektur MVC, yang membantu dalam memisahkan logika aplikasi menjadi komponen-komponen yang terpisah, termasuk Model untuk representasi data, View untuk tampilan, dan Controller untuk mengelola logika bisnis.
2. Twig Template Engine
Symfony menggunakan Twig sebagai mesin template resmi. Twig adalah mesin template yang digunakan dalam kerangka kerja Symfony untuk membangun tampilan (views) dalam aplikasi web. Twig dirancang untuk membuat proses penulisan template lebih bersih, aman, dan ekspresif.
3. Doctrine ORM
Symfony menggunakan Doctrine sebagai Object-Relational Mapping (ORM) untuk berinteraksi dengan basis data. Doctrine memudahkan pengembangan basis data dengan memetakan objek PHP ke struktur basis data.
4. Security Component
Symfony memiliki komponen keamanan yang menyediakan alat dan fitur-fitur untuk mengelola otentikasi, otorisasi, dan perlindungan terhadap ancaman keamanan.
5. Routing
Symfony menyediakan sistem routing yang kuat yang memetakan URL ke tindakan-tindakan dalam aplikasi. Ini memungkinkan untuk pengelolaan URL yang fleksibel dan pembuatan tautan antar halaman.

Beberapa contoh aplikasi yang menggunakan framework symfony:
1. Accenture
accenture 2. Trivago
trivago 3. Typeform
typeform

Kesimpulan
Symfony adalah framework lengkap yang dirancang untuk memaksimalkan pengembangan aplikasi berbasis web dengan memperkenalkan beberapa fitur yang dapat diandalkan untuk pemula.

Referensi:
[1] M. Laaziri, K. Benmoussa, S. Khoulji, K. M. Larbi, and A. El Yamami, “A comparative study of laravel and symfony PHP frameworks,” vol. 9, no. 1, pp. 704–712, 2019
[2] Website Symfony

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>