Understanding Data Migration Proccess

Halo, Kreatif Readers! Artikel ini akan membahas mengenai serba-serbi Data Migration, mulai dari pengertian, tahapan, serta hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam melakukan migrasi data.

Dalam pengembangan sebuah aplikasi, migrasi data memungkinkan terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah adanya upgrade teknologi sehingga diperlukan pemindahaan data dari versi lama ke versi baru.

Migrasi data sendiri dapat diartikan sebuah proses pemindahan data dari suatu sistem, platform, atau environment ke lokasi baru untuk meng-upgrade software atau hardware, atau sebagai bagian dari perubahan arsitektur aplikasi.

Salah satu contoh migrasi data adalah pemindahan data file excel ke database, agar data yang dihimpun dapat diakses melalui sebuah sistem (dapat berupa website atau aplikasi) dengan alur dan proses bisnis yang lebih terstruktur dan efisien.

Tahapan Migrasi Data

screenshot_12

Untuk melakukan migrasi data, terdapat beberapa tahapan, meliputi:

1. Data Assessment

Tahap ini melibatkan analisis data yang akan dimigrasikan, termasuk menentukan struktur, kualitas, dan volume data.

phase-1

2. Data Cleansing

Pada tahap ini, data dibersihkan dari duplikat, kesalahan, atau data yang tidak relevan. Proses pembersihan ini penting untuk memastikan bahwa data yang dipindahkan adalah data yang akurat dan konsisten.

phase-2

3. Test Extract and Load

Tahap ini dilakukan untuk menguji sample data yang akan dimigrasi untuk memastikan apakah migration plan yang dibuat dapat berjalan lancar, efektif, dan efisien.

phase-3

4. Final Extract and Load

Final extract dan load data dilakukan setelah hasil pengujian sukses. Seluruh data akan dipindahkan ke lokasi baru.

phase-4

5.  Migration Validation

Setelah data dipindahkan ke lokasi baru, tahap ini melibatkan verifikasi dan validasi data untuk memastikan bahwa data telah dipindahkan dengan benar dan tidak ada kehilangan atau kerusakan data.

Proses validasi dapat berupa penghitungan jumlah record, pengecekan tabel dan kolom pada data target, serta pengecekan setiap record untuk memastikan tidak ada format yang berubah ataupun duplikasi data.

phase-5

6. Post Migration Activity

Di akhir proses migrasi, dilakukan pendokumentasian dan pelaporan hasil migrasi. Dokumen ini dapat berisi detail perencanaan migrasi, infrastruktur yang digunakan, metode handling data, validasi data, serta report mengenai akurasi, durasi waktu yang dibutuhkan dan hasil dari migrasi yang telah dilakukan, apakah lebih baik atau sebaliknya.

phase-6

Data Migration Risk

Dalam proses migrasi data, tentunya terapat beberapa risiko yang harus diidentifikasi, diantisipasi, dan dilakukan penanganan dengan efektif, diantaranya:

1. Kualitas Data

Data yang tidak akurat, tidak lengkap, dan tidak konsisten dapat menyebabkan mis-informasi ketika diakses di lokasi baru (target migrasi). Sehingga perlu dipastikan data yang akan dimigrasi telah bersih dan konsisten.

2. Kompleksitas Extract and Load Data

Proses extract and load data yang kompleks dapat meningkatkan risiko kesalahan ataupun kegagalan migrasi, terutama jika data memiliki format atau struktur khusus yang rumit. Hal ini dapat dicegah dengan melakukan pengjian extract and load menggunakan data sampling.

3. Performa Sistem

Ketika data yang dimigrasi memiliki volume yang besar, maka hal ini dapat mempengaruhi beban kinerja target sistem. Perlu dilakukan perencanaan yang tepat terkait pemilihan waktu migrasi, penyesuaian infrastruktur, serta monitoring kinerja sistem setelah migrasi.

4. Koordinasi Proyek

Dalam proses migrasi diperlukan koordinasi yang baik untuk mencegah keterlambatan dan kesalahan. Perlu dipastikan proses migrasi telah direncanakan dengan baik, berkaitan dengan timeline, jumlah personil, hingga dari segi biaya.

Kesimpulan

Migrasi Data merupakan proses yang cukup memakan waktu dalam pengembangan sebuah sistem. Perlu adanya pemahaman, ketelitian, dan pengambilan keputusan yang tepat agar proses migrasi data dapat berjalan dengan baik. Faktor keamanan, kelengkapan, serta kebenaran sebuah data juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan.

Reference:
[1] Data-Migration.pdf (researchgate.net)
[2] jis_2021011814491338.pdf (scirp.org)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>