Phalcon: Unique and Fastest PHP Framework

Halo, Kreatif Readers! Pada artikel ini, saya akan membahas salah satu Framework PHP, yaitu Phalcon. Sebelum kesana, mari kita mengenal apa itu framework.

Pada dasarnya, framework merupakan bentuk sederhana dari desain arsitektur sebuah bahasa pemrograman. Salah satu desain arsitektur yang diterapkan pada PHP Framework adalah MVC (Model, View, Controller). Tujuan dari arsitektur ini adalah untuk memisahkan antara pemodelan data dengan tampilan atau user interface website. Nantinya, kedua hal tersebut akan dihubungkan menggunakan Controller berisikan request dari user yang telah ditampung dalam sebuah function.

Phalcon sendiri merupakan salah satu framework PHP yang cukup unik. Mengutip dari situs resminya, Phalcon merupakan full-stack framework yang ditulis dalam bentuk PHP extension menggunakan bahasa C. Namun, developer tidak diharuskan memahami bahasa C untuk dapat menggunakan Phalcon, karena setiap baris codenya telah dikemas dalam PHP class untuk memudahkan implementasinya.

phalcon_framework_logo_square

Dalam penggunaanya, Phalcon telah menyediakan “starter pack” berupa installer yang berisikan struktur kode siap pakai untuk memudahkan developer memahami cara kerja Phalcon. Selain itu, telah tersedia pula eksternal code generator yang dapat meningkatkan efesiensi proses pengembangan.

Phalcon memiliki beberapa karakteristik, seperti:

  1. Semua komponen code ditulis dalam bahasa C
  2. Kompatibel dengan berbagai sistem operasi
  3. Memiliki performa tinggi dengan konsumsi penyimpanan server yang rendah
  4. Merupakan salah satu framework PHP tercepat
  5. Mendukung implementasi database menggunakan metode ORM (Object Relation Mapping)

Seperti yang dijanjikan pada situs resminya, bahwa Phalcon merupakan PHP Framework tercepat, berikut merupakan hasil studi komparasi antara Phalcon dengan beberapa framework lainnya, dengan menggunakan acuan jangka waktu eksekusi pada proses CRUD (Create, Read, Update, Delete).

screenshot_43Berdasarkan grafik tersebut, terbukti Phalcon lebih unggul dibanding PHP framework lainnya, dengan jangka waktu eksekusi sebesar 28-45 ms. Selain itu, studi juga membuktikan bahwa Phalcon merupakan salah satu framework dengan konsumsi penyimpanan server yang rendah. Dapat dilihat pada grafik perbandingan di bawah ini, terhitung Phalcon hanya mengkonsumsi sebesar 0.17 MB, jauh lebih rendah dibandingkan ketiga framework lain.

memory usage

Salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan dan efisiensi kinerja Phalcon adalah penggunaan bahasa C dalam penulisannya. Bahasa C merupakan compile language, dimana sistem dapat lebih mudah mengeksekusi setiap perintah yang dijalankan. Hal ini sangat berdampak pada efektifitas kinerja sistem dan efisiensi penggunaan memory. Berbeda dengan PHP yang merupakan interpreter language, dimana PHP dapat lebih mudah dimengerti penggunanya, namun diperlukan effort lebih bagi sistem untuk menerjemahkannya.

Dalam hal ini, Phalcon berhasil mengadaptasi bahasa C dan mengkombinasikannya dengan kemudahan penggunaan PHP dalam sebuah framework yang dapat dipertimbangakan dalam pengembangan sebuah website.

Referensi:
1. Phalcon.io
2. Analysis and Practical Application of PHP Frameworks in Development of Web Information Systems
3. Comparing Performance of Plain PHP and Four of Its Popular Frameworks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>