PHPUnit Testing pada Laravel

1200px-phpunit_logo-svg_-1024x413

Hallo kreatif reader, pada kesempatan kali ini aku mau sharing dari artikel yang udah aku baca..

Apa sih itu PHPUnit?
PHPUnit adalah kerangka pengujian (testing framework) untuk bahasa pemrograman PHP yang bertujuan untuk memastikan bahwa setiap bagian kecil dari program berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan menggunakan PHPUnit, developer PHP dapat meningkatkan kualitas software dengan mengidentifikasi dan memperbaiki bug lebih awal dalam siklus pengembangan.

Adapun tahapan-tahapan yang dilakukan dalam automated testing menggunakan PHPUnit adalah sebagai berikut:

1. Instalasi software testing menggunakan PHPUnit yang terintegrasi dengan framework laravel untuk pengembangan aplikasi. Ini dapat dilakukan menggunakan Composer. Sebelumnya pastikan Composer telah diinstal, kemudian buka terminal dan eksekusi perintah berikut:

composer require --dev phpunit/phpunit ^9.6

2. Menuliskan kode pengujian pada PHPUnit dengan nama file pengujian (misalnya: MyMathTest.php) untuk menguji fitur yang telah ditentukan sesuai dengan kebutuhan output yang diharapkan. Berikut contoh kode pengujian pada PHPUnit:

// File: MyMathTest.php

use PHPUnit\Framework\TestCase;

class MyMathTest extends TestCase {
 public function testAdd() {
 $math = new MyMath();
 $result = $math->add(3, 5);
 $this->assertEquals(8, $result);
 }

 public function testSubtract() {
 $math = new MyMath();
 $result = $math->subtract(8, 3);
 $this->assertEquals(5, $result);
 }
}

3. Menjalankan PHPUnit untuk mengetahui hasil pengujian (lulus atau tidak), lakukan perintah berikut melalui terminal dari direktori proyek:

vendor/bin/phpunit MyMathTest.php

Jika memiliki banyak file pengujian, dapat menjalankan semua pengujian dengan perintah berikut:

vendor/bin/phpunit

4. Jika fitur yang diuji lulus, status hasil pengujian menjadi “passed”.
5. Jika fitur yang diuji tidak lulus, maka PHPUnit akan menampilkan pesan error.
Catatan: untuk mempermudah deteksi dan eksekusi pengujian oleh PHPUnit, sebaiknya developer memberikan nama file pengujian dengan format “nama class” dan akhiran “.php”

Berikut ini adalah beberapa fitur PHPUnit dengan keunggulannya:
1. Pengujian Unit Otomatis: Fitur ini membantu dalam mendeteksi kesalahan dan memastikan bahwa perubahan kode tidak merusak fungsionalitas yang ada.
2. Pelaporan Hasil: PHPUnit memberikan laporan hasil pengujian yang jelas dan terstruktur. Ini membantu developer untuk dengan cepat mengidentifikasi masalah dan memperbaikinya.
3. Pengujian Fungsionalitas dan Integrasi: PHPUnit juga mendukung pengujian fungsionalitas dan integrasi, untuk menguji sejauh mana berbagai komponen bekerja bersama.
4. Kemampuan Pengujian Paralel: PHPUnit mendukung pengujian paralel, yang dapat menjalankan beberapa unit pengujian secara bersamaan untuk meningkatkan efisiensi.

Sehingga dapat disimpulkan, apabila tim developer sudah menggunakan PHPUnit untuk pengujian otomatis maka dapat mengurangi error dan menghemat waktu dalam pengembangan aplikasi.

Referensi:
[1] Zhang Tao and He Lei, 2018, Design and Implementation of HTTP Interface Automation Test Framework PHPUnit, Department of Informatics, Beijing University of Technology, China, Atlantis Press.
[2] PHPUnit Testing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>