Pengembangan Aplikasi Menggunakan Web Service & Framework Laravel

Hallo kreatif readers..
Di era pengembangan aplikasi sekarang, web services menjadi sangat populer karena kemampuannya dalam mengintegrasikan aplikasi-aplikasi yang berbeda platform menggunakan internet. Sehingga harus dipastikan informasi yang dialirkan dalam keadaan aman.

Nah, kali ini akan dibahas mengenai pengembangan aplikasi menggunakan web service & framework laravel..
Kenapa sih menggunakan web service? 
Karena web services memiliki web protokol (HTTP) yang mampu mengintegrasikan aplikasi yang berbeda platform dengan lebih sederhana. Web services juga memiliki interface berupa web API (Application Programming Interface) untuk mengakses aplikasi yang mengimplementasikan layanan web services.
Kenapa menggunakan framework laravel?
Laravel merupakan developments tool framework yang cocok karena Laravel memiliki waktu eksekusi yang sedikit sehingga website memiliki proses loading yang cepat.

Berikut ini adalah beberapa jenis web service yang umum digunakan, terutama yang dapat mendukung integrasi dan komunikasi antar aplikasi.
web-service

  1. SOAP (Simple Object Access Protocol)
    SOAP adalah protokol komunikasi yang menggunakan XML untuk pertukaran informasi antara sistem yang berbeda. Biasanya digunakan dalam lingkungan perusahaan dan aplikasi yang membutuhkan keamanan dan keandalan tinggi. SOAP juga mendukung metode panggilan jarak jauh (remote procedure call) dengan menggunakan WSDL (Web Services Description Language) untuk mendefinisikan struktur pesan.
    Contohnya:
    a. Aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP)
    b. Sistem Manajemen Pelanggan (CRM)
  2. REST (Representational State Transfer)
    REST merupakan gaya arsitektur untuk sistem terdistribusi yang menggunakan HTTP seperti (GET, POST, PUT, DELETE) untuk mengakses, memanipulasi data, serta komunikasi antara klien dan server. REST biasanya digunakan dalam aplikasi web modern dan layanan yang dapat diskalakan karena lebih ringan dan sederhana dibandingkan SOAP.
    Contohnya:
    a. Aplikasi E-Commerce (melacak pesanan, transaksi, dll)
    b. Aplikasi M-Banking (transfer, cek saldo, dll)
    c. Aplikasi Pemesanan Tiket (Booking.com atau Expedia)
  3. JSON-RPC
    JSON-RPC adalah format pertukaran data/informasi yang ringan, mudah dibaca dan ditulis, serta mudah diterjemahkan dan dibuat (generate). JSON (JavaScript Object Notation) menggunakan format yang merupakan bagian dari Bahasa Pemrograman JavaScript untuk pertukaran informasi antara klien dan server. JSON-RPC serupa dengan SOAP, tetapi lebih mudah diimplementasikan dan lebih efisien dalam penggunaan sumber daya karena menggunakan format JSON yang lebih ringan.
    Contohnya:
    a. Aplikasi Keuangan (platform perdagangan mata uang kripto)
    b. Aplikasi Permainan (untuk menangani aksi pemain secara dinamis)
  4. WebSocket
    WebSocket merupakan protokol komunikasi dua arah yang memungkinkan komunikasi real-time antara klien dan server. Biasanya digunakan untuk aplikasi yang memerlukan komunikasi real-time seperti permainan online, obrolan, atau pembaruan data real-time.
    Contohnya:
    a. Aplikasi Sosial Media (Twitter, Facebook)
    b. Aplikasi Chat Real-Time (Slack, Discord)

Kesimpulan
Web service dapat mempermudah dalam proses integrasi data/informasi yang dapat dilakukan secara terpusat. Selain itu, penggunaan framework Laravel juga bermanfaat karena membuat sistem memiliki peforma yang cepat dalam memproses data serta ringan untuk dijalankan.

Referensi:
[1] Manes, Anne T. (2003). Web Services: A Manager Guide. Pearson Education, Inc: Boston USA.
[2] Ramos Somya, Tan Michelle Esmeralda Nathanael. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Pelatihan Berbasis Web Menggunakan Teknologi Web Service dan Framework Laravel. Jurnal TECHNO Nusa Mandiri Vol. 16.
[3] Das, R., dan Saikia, L. P. (2016). NComparison of Procedural PHP with Codeigniter and Laravel Frameworko Title. International Journal of Current Trends in Engineering & Research (IJCTER), 2(6), 42–48.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>