Pengujian Aplikasi Menggunakan Metode Load Testing

Haloo kreatif reader.. kali ini aku mau bahas pengujian aplikasi menggunakan metode load testing

Pengujian adalah suatu proses pelaksanaan suatu program dengan tujuan menemukan suatu kesalahan. Suatu kasus test yang baik adalah apabila test tersebut mempunyai kemungkinan menemukan sebuah kesalahan yang tidak terungkap. Suatu test yang sukses adalah apabila test tersebut menemukan suatu kesalahan yang awalnya tidak ditemukan. Tujuan utama dari pengujian adalah untuk mendesain test yang secara sistematik menemukan jenis kesalahan dengan usaha dan waktu yang minumum.

Load testing adalah teknik performance testing yang mana respon sistem diukur dalam berbagai load condition. Pengujian menggunakan metode black box testing sebagai test case sampling. Balck box testing adalah pengujian fungsional software tanpa mengetahui struktur internal program.

whatsapp-image-2024-03-25-at-08-37-35

 

Load testing diperlukan untuk membuat simulasi akses aplikasi web / service secara simultan. Cara ini lebih baik di bandingkan dengan harus mengundang sekian belas atau puluh orang sekaligus untuk mengakses sebuah website.

Langkah – langkah pengujian softwre ada 4 yaitu:

1. Unit testing – testing per unit yaitu mencoba alur spesifik pada struktur modul kontrol untuk memastikan pelengkapan secara penuhu dan pendeteksian erroe secara maksimum.

2. Integration testing – testing per penggabungan unit yaitu pengalaman dari isu – isu yang diasosiasikan dengan masalah pada ganda pada verifikasi dan kontruksi progam

3. High-order-test yaitu terjadi ketika software telah selesai diintegrasikan atau dibangun menjadi satu  tidak terpisah – pisah

4. Validation test yaitu menyediakan jaminan akhir bahwa software memenuhi semua kebutuhan fungsional kepribadian dan perfoma.

Langkah – langkah pengujian dengan Load Testing

1. Perencanaan Load Testing

Tahap perencanaan adalah tahapan penting dalam melakukan load testing. Pada tahap ini, perlu menentukan tujuan pengujian dan skenario beban serta perlu menyiapkan infrastruktur dan alat yang dibutuhkan untuk melakukan testing.

2. Persiapan Load Test

Setelah tahap perencanaan, tahap selanjutnya adalah persiapan untuk load test. Pada tahap ini, perlu menyiapkan data dan skrip uji beban serta mengatur pengaturan seoerti cache browser dan cookie.

3. Pelaksanaan Load Test

Pada tahap pelaksanaan, dapat menjalankan skrip uji beban dan mengumpulkan data kinerja aplikasi. Perlu memonitor dan menganalisis hasil uji beban serta mencatatat semua masalah yang ditemukan selama pengujian.

4. Analisis dan Optimasi

Setelah uji beban selesai, perlu menganalisis data yang dihasilkan. Analisis ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang performa aplikasi dan bagaimana masalah dapat diperbaiki.

Referensi: Desi Intan Permatasasi, (2020). Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>