Software Engineering #Chapter 3 – Agile Software Development

blog-removebg-preview

Ringkasan Agile Software Development
Metode agile adalah metode pengembangan berulang yang berfokus pada pengurangan biaya overhead dan proses dokumentasi serta pengiriman perangkat lunak tambahan. Metode ini cocok untuk pengembangan aplikasi dimana persyaratan sistem biasanya berubah dengan cepat, kemudian mengusulkan persyaratan baru dan perubahan untuk disertakan dalam iterasi sistem selanjutnya selama proses pengembangan.

Scrum merupakan metode agile yang telah muncul sebagai metode yang paling banyak digunakan. Proses scrum atau siklus sprint menghasilkan peningkatan produk dari setiap iterasi proses, kemudian dapat dikirimkan ke pelanggan. Titik awal siklus sprint scrum adalah product backlog. Product backlog merupakan daftar dari item seperti fitur produk, dokumen requirement, daftar cerita pengguna, atau deskripsi lain dari software yang akan dikembangkan oleh tim Scrum. Kemudian seluruh tim dilibatkan dalam memilih item mana yang memiliki prioritas tertinggi dan memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap sprint.

Dalam berbagai kisah sukses Scrum (Schatz and Abdelshafi 2005; Mulder and van Vliet 2008; Bellouiti 2009), hal-hal yang disukai pengguna tentang metode Scrum adalah:

  1. Produk dipecah menjadi serangkaian bagian yang dapat dikelola bersamaan dan dipahami oleh para pemangku kepentingan.
  2. Perubahan requirement saat pengembangan software tidak menghambat kemajuan progress.
  3. Seluruh tim dapat melihat progress pengerjaan produk, sehingga komunikasi dan semangat tim meningkat.
  4. Pelanggan melihat kemajuan progress, deliverable tepat waktu, dan mendapatkan feedback tentang produk dengan jangka waktu yang cukup pendek.
  5. Kepercayaan antara pelanggan dan pengembang terjalin, dimana setiap pelanggan mengharapkan produk berhasil dan sesuai dengan yang diharapkan.

Diketahui sebagian besar software engineering melakukan pemeliharaan dan pengembangan dari sistem yang ada. Berikut adalah keunggulan pada metode agile software development:

  1. Up to date, karena lebih fleksibel dan menerima perubahan berkelanjutan.
  2. Resource yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.
  3. Alur kerja lebih singkat dan efisien,  sehingga kinerja tim menjadi lebih stabil.
  4. Interaksi antara client dan developer menjadi lebih intens dan responsif terhadap kebutuhan pengembangan software.

Tetapi bagaimana jika business requirement saat pemeliharaan perangkat lunak melibatkan sistem kustom yang harus diubah, tidak ada konsensus yang jelas mengenai kesesuaiannya?
Tiga jenis masalah dapat terjadi:

  1. Kurangnya dokumentasi produk dari pembangunan perangkat lunak sebelumnya
  2. Menjaga keterlibatan pelanggan dalam proses pengembangan
  3. Tim pengembangan harus dapat memahami perangkat lunak sebelumnya

Kesimpulan
Menurut saya buku ini sangat menarik untuk pembaca yang ingin mengetahui teknik agile development seperti user stories, refactoring, pair programming and test-first development. Pada buku ini pembaca juga dapat memahami perbedaan antara metode agile software development dengan plan-driven development, dan isu-isu pada scaling agile methods.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>