PHP Framework Codeigniter

blog-ars

Halo kreatif readers.. kali ini saya akan membahas tentang salah satu framework PHP yaitu Codeigniter.

Codeigniter (CI) adalah framework PHP yang digunakan untuk membangun aplikasi berbasis web yang dinamis.  Codeigniter merupakan platform open-source yang cukup populer dikalangan tim pengembang yang menggunakan bahasa pemrograman PHP. Keunggulan dari Codeigniter ini yaitu ringan dan menerapkan konsep MVC (Model, View, Controller) sehingga membuat pekerjaan lebih efektif dan cepat.

MVC (Model, View, Controller) adalah konsep atau paradigma pemrograman yang memisahkan komponen utama menjadi 3 bagian berikut:
1. Model
Model adalah bagian penanganan yang berhubungan atau manipulasi data dengan database, seperti pengambilan data dari database dan instruksi untuk proses CRUD.
2. View
View merupakan bagian penanganan interface atau antarmuka web yang muncul kepada user.
3. Controller
Controller yaitu bagian instruksi aksi yang merupakan jembatan yang menghubungkan model dan view.

Berikut ini merupakan gambaran alur kerja MVC:

mvc

Dari gambar diatas dapat dilihat alur kerja MCV, dari bagian view yang bertugas meminta informasi ke controller untuk ditampilkan ke device pengguna, permintaan itu diteruskan oleh controller ke bagian model agar dieksekusi. Lalu model mengolah dan mencari informasi ke database, setelah selesai hasil diberikan ke controller kemudian diproses untuk ditampilkan ke view.

Beberapa manfaat dari penggunaan Codeigniter adalah:
1. Lebih cepat dan efisien, hal ini karena beberapa modul yang dibutuhkan untuk melakukan pengembangan sudah disediakan oleh Codeigniter, sehingga dapat menghemat waktu dan dapat bekerja dengan efisien.
2. Mendukung kolaborasi, karena pengerjaan proyek dapat dengan mudah dikembangkan bersama tim dengan adanya standar penulisan kode yang sama.
3. Salah satu keunggulan Codeigniter dibandingkan kerangka kerjanya lainnya adalah ukurannya yang kecil (kurang dari 5 MB), sehingga lebih hemat ruang di server.
4. Keamanan lebih baik karena sudah tersedia beberapa fitur untuk meningkatkan keamanan pada framework-nya.
5. Kerangka dan penulisan kode akan lebih terskturkur karena sudah menerapkan model MVC.

Saat ini Codeigniter telah tersedia dengan versi terbaru yaitu Codeigniter 4 yang dirilis pada tahun 2020. Perbedaan utama dari CI 4 dibandingkan dengan versi sebelumnya terletak pada struktur direktori, sistem penulisan kode, konfigurasi, dan adanya fitur-fitur baru.

Beberapa keunggulan baru  yang diberikan dari CI4 ini yaitu sebagai berikut:
1. Dapat melakukan instalasi langsung menggunakan Composer
2. Memiliki Local Development Server
3. Menggunakan PHP versi 7.2 ke atas
4. Struktur direktori berbeda, dimana semua file diletakkan dalam folder app
5. Menggunakan NameSpace
6. Memiliki AutoLoading yang efektif
7. Memiliki File.env
8. Memiliki CLI (Command Line Interface)
9. Adanya fitur REST
10. Dokumentasi lebih praktis

Dari keunggulan yang diberikan Codeigniter 4 diatas, penggunaan Codeigniter 4 memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi web yang lebih modern dan responsif. Namun untuk pemilihan penggunaan framework ini tetap perlu memperhatikan kembali dari segi struktur dan kebutuhan aplikasi web yang akan dibangun/dikembangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>