Meningkatkan User Interface dan User Experience (UI/UX) melalui Pendekatan Berbasis Pengguna

user-1

Pengembangan aplikasi yang sukses tidak hanya bergantung pada teknologi canggih, tetapi juga pada kemampuan untuk memahami, menghormati, dan memenuhi kebutuhan pengguna. Salah satu pendekatan yang fading efektif dalam mencapai tujuan ini adalah Metode User Centered Design( UCD). UCD adalah kerangka kerja yang difokuskan pada pengguna dalam pengembangan tampilan antarmuka aplikasi. Pada kesempatan kali ini ARS Mania akan membahas tentang metode UCD dan mengapa ini sangat penting dalam menciptakan aplikasi yang sukses.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh (Kaligis & Fatri, 2020), berikut adalah penjelasan mengenai User Centered Design (UCD).

Apa Itu User Centered Design?

Menurut ISO 9241- 210 yang mengatur tentang Prinsip- prinsip Ergonomi Antarmuka Manusia Sistem Interaktif, metode UCD merupakan pendekatan dalam pengembangan sistem secara interaktif dengan tujuan untuk mengembangkan sistem yang berguna bagi penggunanya. UCD menempatkan pengguna sebagai pusat dari proses desain, dan berfokus pada pemahaman mendalam tentang kebutuhan, dan pengalaman pengguna. Pada metode pengembangan aplikasi, UCD diterapkan pada tahap perencanaan, perancangan, dan pengujian.

Tahapan Metode User Centered Design

the-user-centred-design-process-according-to-iso-9241-21020101. Understand and Specify the Context of Use (Memahami dan Menentukan Konteks Penggunaan)

Pada tahapan ini kita melakukan identifikasi yang berfokus pada kondisi siapa yang akan menggunakan sistem, di mana mereka akan menggunakannya dan apa yang menjadi alasan pengguna menggunakan sistem. Kita mencoba memahami apa yang mereka butuhkan dari sistem tersebut

2. Specify the User Requirements (Menentukan Kebutuhan Pengguna)

Setelah kita tahu siapa pengguna, di mana sistem akan digunakan, dan mengapa pengguna menggunakan sistem, kita menuliskan dengan jelas apa yang pengguna butuhkan dari sistem ini. Kita menentukan apa tugas yang harus mereka lakukan dan apa keinginan mereka.

3. Produce Design Solutions to Meet User Requirements (Menghasilkan Solusi Desain yang Memenuhi Kebutuhan Pengguna)

Dalam tahap ini, kita mulai membuat desain sistem. Desain ini harus mencakup antarmuka yang memudahkan pengguna untuk mengoperasikan sistem dan mencapai tujuan mereka. Pada tahapan ini juga kita berfokus pada untuk meningkatkan user experinece.

4. Evaluate the Design Against Requirements (Evaluasi Desain Berdasarkan Kebutuhan)

Setelah desain dibuat, kita menguji desain ini dengan pengguna. Pengguna mencoba sistem dan memberikan masukan atau feedback. Dari masukan tersebut akan dilakukan perbaikan secara berulang hingga memenuhi ekspektasi pengguna, karena pada metode ini berjalan secara iteratif.

Kesimpulan

Metode User-Centered Design (UCD) adalah pendekatan yang kritis dalam pengembangan aplikasi yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Dengan memahami dan memenuhi kebutuhan pengguna, aplikasi dapat menjadi lebih efisien, efektif, dan memuaskan. UCD membantu mengurangi risiko kesalahan desain dan meningkatkan peluang kesuksesan aplikasi. Oleh karena itu, pengguna seharusnya selalu menjadi fokus utama dalam pengembangan aplikasi yang sukses.

Referensi : 
¹Kaligis, D.L. & Fatri R.R. (2020). Pengembangan Tampilan Antar Muka Aplikasi Survei Berbasis Web Dengan Metode User Centered Design. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika dan Komputer, Vol 10. No 2, Hal 106-114.
²Saputri, I.S.Y. Fadhli, M. & Surya, I. (2017). Penerapan Metode UCD (User Centered Design) pada E-Commerce Putri Intan Shop Berbasis Web. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi. Vol 03. No 02. 269-278.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>